Apr 8, 2012

cerruti or double hicon?

assalamualaikum,,
heyhoo teman-temin, wie geth du :) ? 
aaah tanpa sadar sudah hampir dua bulan menjadi unemployment, alhasil selama ini cuma mondar mandir toko bahan, berburu bahan, searching model-model baju, potong bahan, ke tukang jait, belajar bikin pola --what? bikin pola?, lulusan arsitektur belajar bikin pola baju? yayayaya,,,sudah dibilang saya akan tutup buku dengan cita-cita jadi arsitek *tiba-tiba terkenang lagu susan, cita-citaaaa ku, ingin menjadi dokteeeeer~
intinya yaaa mulai akrab sama yang namanya macam-macam kain bahan dll, dari yang namanya sati velvet sampe double hicon. dan makin akrab juga sama mister-mister indihe toko bahan. ya gimana gak akrab seminggu tiga kali deh main ke toko bahan.
ngomong-ngomong bahan, banyak juga yaaaa yang agak tertipu bedanya double hicon dan cerruti *efek boomingnya scarf cerruti* 
ceritanya, saya yang baru mulai usaha si online shop bellefemme yang bergerak di dunia per-scarf/shawl-an dapat curhat dari salah satu customer yang merasa tertipu oleh OS. walaaaaaaah, ini sih merugak OS-OS yang berusaha jujur dalam tiap perdagangan. singkat cerita doi merasa tertipu karena salah satu OS itu menyatakan menjual scarf berbahan cerruti namun pas paket pesanannya sampai bukan scarf cerruti namun scarf double hicon. ya kecewa lah doi dengan OS itu, dan membuat 'trauma' bagi doi. 
memang cerruti dan double hicon itu miriiiip banget dari segi bahan tapi harganya jauuuuuh dari mirip *lebih murah double hicon dari pada cerruti --> hasil sobian sama tukang bahan* 
tapi kalau mau dicermati lagi, double hicon dan cerruti itu beda loh, makanya harga nya juga beda *nenek-nenek juga tau deh, kalo sama mah namanya gak beda --"*
nah perbedaan mendasar dari cerruti dan double hicon ini terlihat dari lebar bahan.
double hicon memiliki lebar 1,15 meter, jika untuk dijadikan scarf biasanya menjadi ....cm x 55 cm *panjang tergantung selera*. nah kalau cerruti memiliki lebar 1,5 meter, jadi kalau dijadikan scarf ukuran biasanya .....cm x 75 cm (kalau saya biasanya 200 cm x 75 cm)
dari serat bahannya juga beda, double hicon bahannya licin dan tidak kesat, kebalikan dengan cerruti yang tidak licin dan kesat serta lebih 'empuk'. 
nah permasalahannya, kalau kita beli langsung di toko kita bisa mudah membedakannya hanya dengan memegang bahan tersebut, kalau OS kan kita tidak bisa memegang bahannya. trus gimana caranya pembeli bisa tau dan percaya bawa OS-OS tersebut tidak menjual sesuatu yang berbeda dari yang ditulis?
intinya adalah kepercayaan. harusnya OS-OS bisa membangun kepercayaan terhadap konsumen. gimana caranya membangun kepercayaan untuk konsumen?
Jujur dengan perjual-belian. karena kejujuran itulah Rasulullah SAW dipercaya Khadijah ra. jujur dengan harga, barang yang dijual, hingga pengiriman barang. jika membuka sistem PreOrder alangkah baiknya dibuat kesepakatan yang sama-sama memberikan kebaikan, jadi tidak merugikan salah satu pihak.
selanjutnya terserah bagaimana strategi marketing yang diterapkan untuk bisa menarik konsumen-konsumen :)
ah yaa, kasus plagiat akan dibahas di post selanjutnya yaaa :)

salam,
siwi

8 comments:

  1. Marga Terang KahirupanMay 1, 2012 at 10:17 PM

    Oh akhirnya aku jadi mengerti juga :) Makasih!

    ReplyDelete
  2. Dear, itu FBnya masih update jualan gak? Aku mau donk Ceruti-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi myYayang,,makasih udh mampir,,skrng lg off produksi cerruti nya :""(

      Delete
    2. sedikit tambahan, cerruti jika dilhat secara detail terlihat seperti serat jeruk, NB:Bagi yg butuh hicon cerruti,hicon velvet, satin,etc, bisa mampir ke Kadai Textile pasar panorama lembang blok e 4-6 (081320307348/085759141903).kadai_ktx@yahoo.com.... thanks, asslkm

      Delete
  3. sist aku mau tanya kalo di jogja yg jualan kain chiffon cerutti kiloan dimana ya sist? mohon infonya..makasih sekali

    ReplyDelete
  4. waahh sist.. knpa kok Lg off produksi cerruti??

    ReplyDelete
  5. mau tanya kalau sifon ceruti ada nggak yang lebarnya 90cm?

    ReplyDelete
  6. Untuk pemesanan pakaian yang anda inginkan bisa lihat pada facebook Kamihttps://www.facebook.com/kainmurahbandung atau sms di 087823066745. Pin BB : 32D42A8B

    ReplyDelete