Jul 20, 2010

masak-masakan gue

berawal dari kepulangan si babeh (bapak) dari irian dan dapet paket sekardus foam ikan kerapu...hmmm....pesta ikan ini namanya selama seminggu..ckckc...ya penuh berkah lah ya punya bokap yang kerja di bidang ikan dan laut..ehehe..dapeet aja rejeki dari hasil laut..ihiy...

bingung lah ikan sebanyak itu mau diolah jadi apa...karena skill memasak saya dan nyokap sebelas duabelas gitu (sama2 ga bisa masak yang aneh2...ehehehe)...mulai dari di gulai,,sampe di santen(nama beken nya si mangut),,ya sudah sebagai makhluk yg diberi kecerdasan dan kekreatifan lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk lain dari kingdom animalia...jadi....TING...
dapet ide buat masak si kerapu itu...

mulailah saya memfilleti si ikan (dan saya ga bisaaaaa nge fillet ikan,,susaaah) sampe sisik-sisiknya nempel-nempel di tangan baju dan muka...

trus ngeliat di dapur dan ternyata di dapur ga ada bahan-bahan buat masak...yahhh dan saya langsung lah menuju supermarket buat nyari terigu dan temannya itu..

fillet kerapu saos tiram...yuhuuu...

hasil dari coba-coba bumbu ternyata enak juga yaa..sayang karena nge fillet nya ga baik jadinya masih banyak durinya..ihihihi..

bahan2nya cukup simple kok....
1. fillet ikan atau daging
2. tepung terigu
3. tepung roti
4. bawang bombay
5. paprika
6. wortel
7. lada hitam
8. tepung maezena
9. kecap manis
10. kecap saos tiram
11. garem, gula, kaldu ayam/sapi (ga pake MSG yaaaa)
12. telur dikocok hingga berbuih

nahhh semua bahan udah ada...masaknya yaaa cukup sederhana...

1. ikan yang sudah difillet dilumuri ke tepung terigu kemudian celupkan ke telur dan lumuri lagi dengan tepung roti hingga rata...
2. goreng sampe berwarna cokelat keemasan

*sebelum si ikan dicempungin ke terigu telor tepung roti..ikan nya direndem sama lada,,garem dan bawang putih cincang biar bumbunya meresap...


saosnyaa
1. tumis bawang bowbay yang telah diiris hingga harum...kemudian masukkan wortel yang telah diiris korek api sampai layu...
2. masukkan 3 sdm kecap saos tiram dan 2 sdm kecap manis (tapii ini mah terserah selera yang penting enak)
3. masukin paprikanya aduk sampe bumbu merata
4. masukin 2sdm tepung maezena yang telah dilarutkan dalam 100ml air matang...
5. masukin garem,gula,lada, dan kaldu (ini sesuai dengan prasangka kita aja...alias menggunakan maan kita sebagai perempuan...ehehe)
6. tambahin air 100ml lagi...
aduk-aduk..tunggu hingga mendidih dan mengental...

cicipin..udah pas belom..kalo udah pas ya udah matiin api nya...trus siram saosnya ke fillet ikan yang udah digoreng....




hohohoho......tester pertama itu ayah saya dan beliau berkomentar "enak kok.."
yeppp..dapet satu jempol...
tester kedua si ibu dan berkomentar sama...dapet dua jempol...
tester ketiga si abang dan komentarnya "apaaan nih....ikan banyak durinya gini..." sambil makan sebakul...ciiiih...ga tau apa ribetnya ngefillet ikan..jelas2 saya ga punya skill tukang potong ikan...

Jul 4, 2010

Fettucini ala gue


iiiihhhiyy...akhirnya memposting masak memasak...ehehehe

skill memasak gue setidaknya meningkat sedikit demi sedikit..yang dulu cuma bisa masak air, masak mie instan,,trus meningkat jadi bisa masak nasi ehehehe...
ya ada yang membuat gue merasa wanita seutuhnya (lhaaa jadi selama ini??) saat gue bisa masak dikit-dikit...

nahh sekarang gue mo 'pamer' masakan sederhana gue...fettucini ala gue...setelah browsing sana-sini akhirnya nemu resep saus fettucini nya..ya sama aja kayak bikin spaghetti cuma gue ganti aja spaghettinya sama fettucini (mirip-mirip kwetiau wkwkwkw)....simple banget ternyata (hoodoooh sombong)....

bahan-bahan yang diperluin:
1. fettucini/spaghetti/ pasta lainnya (bisa pake udon juga :D)
2. saus tomat
3. tomat 1 buah (diparut) atau bisa pake pasta tomat (tapi gue ga make ini)
4. smoke beef (yang halal yaaa) ato bisa diganti daging giling ato kornet (pake label halal biar afdol pas makannya) (iris-iris biar banyak dan enak ehehehe)
5. jamur kancing (nah yang ini karena kebodohan gue saat berbelanja bukannya beli jamur kancing tapi malah nemunya jamur merang wkwkwk,,tapi tetep enak kok) (dipotong2 korek api ato dadu)
6. sosis sapi ato ayam (dipotong bulat atau lonjong juga gpp)
7. bawang putih 1-2 siung (dicincang halus)
8. bawang bombay 1 buah (diiris-iris,,terselah mau iris bulat ato lonjong ato kotak ato dadu,,sesuai selera aja)
9. persley (cincang halus)
10. merica bubuk 1 sdt lebih juga gpp
11. margarin
12. garam dan gula (ini kira-kira aja..kalo kurang asin ya tambahin garem kalo keasinan ya tambahin gula :D)
13. kaldu bubuk 1 bungkus
14. keju cheddar diparut


gimana bikinnya???gampang sekaliiiiii teman....ga ribet kayak bikin maket kok (hedeeeh -____-)

bikin si fettucini:
1. beli fettucini di supermarket...
2. trus rebus fettucini di air mendidih yang udah dicampur sedikit garam dan minyak goreng 2 sdm
3. tunggu sampai mateng..kalo udah mateng tiriskan..

bikin sausnya:
1. tumis bawang putih dan sebagian bawang bombay dengan margarin sampai harum,,tau harum apa ga ya dicium aja asepnya... :D
2. setelah itu masukin jamur dan sosis yang udah dipotong-potong sampe masak...si jamur dan sosis berubah warnanya
3. setelah jamur dan si sosih berubah warna masukin parutan tomat dan saus tomatnya. aduk rata trus masukin garem, gula, sama kaldu bubuk, dan si merica, aduk rata lagi. setelah aduk rata masukin air kira-kira 200 ml sampai 300 ml.. (sungguh masukin air nya gue ngira-ngira aja yang penting enak)
4. masukin sisa bawang bombay nya dan tunggu hingga saus nya mendidih dan kental (untuk saus ini bisa juga pake tepung maizena biar kental tapi lagi-lagi gue ga pake)
5. kalo udah mengental dicipin lagi...asin apa engga?? kalo keasinan bisa tambahin gula nya dan air dikit aja..kalo udah pas ya udah dimatiin kompornya....
6. sausnya sudah siap disiram ke pastanya (fettucininya)
7. taburi persley, parutan keju dan irisan smoke beef nyaa....
8. siap dimakan....



tadaaaaa....gampang banget kan???
oh iya bisa juga saus pastanya diganti sama sarden kalengan atau saus instan yang banyak dijual di supermarket terdekat rumah mu....ohoho
dan malem ini gue kekenyangan makan fettucini ala gue...ohohoho..yummmyyy...menurut gue dan nyokap gue serta kakak gue sih enak hasil masakan gue...

*sudah diuji di dapur ibu..... :D


silakan mencoba.....

dan lain waktu gue akan memposting masakan hasil karya coba-coba gue selanjutnya...