Jul 20, 2010

masak-masakan gue

berawal dari kepulangan si babeh (bapak) dari irian dan dapet paket sekardus foam ikan kerapu...hmmm....pesta ikan ini namanya selama seminggu..ckckc...ya penuh berkah lah ya punya bokap yang kerja di bidang ikan dan laut..ehehe..dapeet aja rejeki dari hasil laut..ihiy...

bingung lah ikan sebanyak itu mau diolah jadi apa...karena skill memasak saya dan nyokap sebelas duabelas gitu (sama2 ga bisa masak yang aneh2...ehehehe)...mulai dari di gulai,,sampe di santen(nama beken nya si mangut),,ya sudah sebagai makhluk yg diberi kecerdasan dan kekreatifan lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk lain dari kingdom animalia...jadi....TING...
dapet ide buat masak si kerapu itu...

mulailah saya memfilleti si ikan (dan saya ga bisaaaaa nge fillet ikan,,susaaah) sampe sisik-sisiknya nempel-nempel di tangan baju dan muka...

trus ngeliat di dapur dan ternyata di dapur ga ada bahan-bahan buat masak...yahhh dan saya langsung lah menuju supermarket buat nyari terigu dan temannya itu..

fillet kerapu saos tiram...yuhuuu...

hasil dari coba-coba bumbu ternyata enak juga yaa..sayang karena nge fillet nya ga baik jadinya masih banyak durinya..ihihihi..

bahan2nya cukup simple kok....
1. fillet ikan atau daging
2. tepung terigu
3. tepung roti
4. bawang bombay
5. paprika
6. wortel
7. lada hitam
8. tepung maezena
9. kecap manis
10. kecap saos tiram
11. garem, gula, kaldu ayam/sapi (ga pake MSG yaaaa)
12. telur dikocok hingga berbuih

nahhh semua bahan udah ada...masaknya yaaa cukup sederhana...

1. ikan yang sudah difillet dilumuri ke tepung terigu kemudian celupkan ke telur dan lumuri lagi dengan tepung roti hingga rata...
2. goreng sampe berwarna cokelat keemasan

*sebelum si ikan dicempungin ke terigu telor tepung roti..ikan nya direndem sama lada,,garem dan bawang putih cincang biar bumbunya meresap...


saosnyaa
1. tumis bawang bowbay yang telah diiris hingga harum...kemudian masukkan wortel yang telah diiris korek api sampai layu...
2. masukkan 3 sdm kecap saos tiram dan 2 sdm kecap manis (tapii ini mah terserah selera yang penting enak)
3. masukin paprikanya aduk sampe bumbu merata
4. masukin 2sdm tepung maezena yang telah dilarutkan dalam 100ml air matang...
5. masukin garem,gula,lada, dan kaldu (ini sesuai dengan prasangka kita aja...alias menggunakan maan kita sebagai perempuan...ehehe)
6. tambahin air 100ml lagi...
aduk-aduk..tunggu hingga mendidih dan mengental...

cicipin..udah pas belom..kalo udah pas ya udah matiin api nya...trus siram saosnya ke fillet ikan yang udah digoreng....




hohohoho......tester pertama itu ayah saya dan beliau berkomentar "enak kok.."
yeppp..dapet satu jempol...
tester kedua si ibu dan berkomentar sama...dapet dua jempol...
tester ketiga si abang dan komentarnya "apaaan nih....ikan banyak durinya gini..." sambil makan sebakul...ciiiih...ga tau apa ribetnya ngefillet ikan..jelas2 saya ga punya skill tukang potong ikan...

Jul 4, 2010

Fettucini ala gue


iiiihhhiyy...akhirnya memposting masak memasak...ehehehe

skill memasak gue setidaknya meningkat sedikit demi sedikit..yang dulu cuma bisa masak air, masak mie instan,,trus meningkat jadi bisa masak nasi ehehehe...
ya ada yang membuat gue merasa wanita seutuhnya (lhaaa jadi selama ini??) saat gue bisa masak dikit-dikit...

nahh sekarang gue mo 'pamer' masakan sederhana gue...fettucini ala gue...setelah browsing sana-sini akhirnya nemu resep saus fettucini nya..ya sama aja kayak bikin spaghetti cuma gue ganti aja spaghettinya sama fettucini (mirip-mirip kwetiau wkwkwkw)....simple banget ternyata (hoodoooh sombong)....

bahan-bahan yang diperluin:
1. fettucini/spaghetti/ pasta lainnya (bisa pake udon juga :D)
2. saus tomat
3. tomat 1 buah (diparut) atau bisa pake pasta tomat (tapi gue ga make ini)
4. smoke beef (yang halal yaaa) ato bisa diganti daging giling ato kornet (pake label halal biar afdol pas makannya) (iris-iris biar banyak dan enak ehehehe)
5. jamur kancing (nah yang ini karena kebodohan gue saat berbelanja bukannya beli jamur kancing tapi malah nemunya jamur merang wkwkwk,,tapi tetep enak kok) (dipotong2 korek api ato dadu)
6. sosis sapi ato ayam (dipotong bulat atau lonjong juga gpp)
7. bawang putih 1-2 siung (dicincang halus)
8. bawang bombay 1 buah (diiris-iris,,terselah mau iris bulat ato lonjong ato kotak ato dadu,,sesuai selera aja)
9. persley (cincang halus)
10. merica bubuk 1 sdt lebih juga gpp
11. margarin
12. garam dan gula (ini kira-kira aja..kalo kurang asin ya tambahin garem kalo keasinan ya tambahin gula :D)
13. kaldu bubuk 1 bungkus
14. keju cheddar diparut


gimana bikinnya???gampang sekaliiiiii teman....ga ribet kayak bikin maket kok (hedeeeh -____-)

bikin si fettucini:
1. beli fettucini di supermarket...
2. trus rebus fettucini di air mendidih yang udah dicampur sedikit garam dan minyak goreng 2 sdm
3. tunggu sampai mateng..kalo udah mateng tiriskan..

bikin sausnya:
1. tumis bawang putih dan sebagian bawang bombay dengan margarin sampai harum,,tau harum apa ga ya dicium aja asepnya... :D
2. setelah itu masukin jamur dan sosis yang udah dipotong-potong sampe masak...si jamur dan sosis berubah warnanya
3. setelah jamur dan si sosih berubah warna masukin parutan tomat dan saus tomatnya. aduk rata trus masukin garem, gula, sama kaldu bubuk, dan si merica, aduk rata lagi. setelah aduk rata masukin air kira-kira 200 ml sampai 300 ml.. (sungguh masukin air nya gue ngira-ngira aja yang penting enak)
4. masukin sisa bawang bombay nya dan tunggu hingga saus nya mendidih dan kental (untuk saus ini bisa juga pake tepung maizena biar kental tapi lagi-lagi gue ga pake)
5. kalo udah mengental dicipin lagi...asin apa engga?? kalo keasinan bisa tambahin gula nya dan air dikit aja..kalo udah pas ya udah dimatiin kompornya....
6. sausnya sudah siap disiram ke pastanya (fettucininya)
7. taburi persley, parutan keju dan irisan smoke beef nyaa....
8. siap dimakan....



tadaaaaa....gampang banget kan???
oh iya bisa juga saus pastanya diganti sama sarden kalengan atau saus instan yang banyak dijual di supermarket terdekat rumah mu....ohoho
dan malem ini gue kekenyangan makan fettucini ala gue...ohohoho..yummmyyy...menurut gue dan nyokap gue serta kakak gue sih enak hasil masakan gue...

*sudah diuji di dapur ibu..... :D


silakan mencoba.....

dan lain waktu gue akan memposting masakan hasil karya coba-coba gue selanjutnya...

Jun 30, 2010

I hate to be me

nyampah lagi di blog....

blog ini lama kelamaan isinya sampah hidup gue deh...

entah kenapa gue lagi benci sama hidup gue akhir-akhir ini...

pengen ngilang...pengen sendiri..pengen renungin sesuatu...


au ah......


kebetean disebabkan kehadiran seseorang yang emang susah banget dibuang ternyata...

Jun 22, 2010

Lucky - Jason Mraz ft Colbie Caillat


Do you hear me,
I'm talking to you
Across the water across the deep blue ocean
Under the open sky, oh my, baby I'm trying
Boy I hear you in my dreams
I feel your whisper across the sea
I keep you with me in my heart
You make it easier when life gets hard

I'm lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
Ooohh ooooh oooh oooh ooh ooh ooh ooh

They don't know how long it takes
Waiting for a love like this
Every time we say goodbye
I wish we had one more kiss
I'll wait for you I promise you, I will

I'm lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
Lucky we're in love every way
Lucky to have stayed where we have stayed
Lucky to be coming home someday

And so I'm sailing through the sea
To an island where we'll meet
You'll hear the music fill the air
I'll put a flower in your hair
Though the breezes through trees
Move so pretty you're all I see
As the world keeps spinning round
You hold me right here right now

I'm lucky I'm in love with my best friend
Lucky to have been where I have been
Lucky to be coming home again
I'm lucky we're in love every way
Lucky to have stayed where we have stayed
Lucky to be coming home someday

Ooohh ooooh oooh oooh ooh ooh ooh ooh
Ooooh ooooh oooh oooh ooh ooh ooh ooh





*entah kenapa saya suka lagi ini....
setidaknya pernah mengalami hal ini... ehehehe

Jingga dalam cakrawala Senja








Namanya Jingga.

Sosok laki-laki yang selama ini ia perhatikan dari jauh.

Entah kenapa ia memberinya nama Jingga. Padahal ia berjenis kelamin laki-laki…seharusnya lebih cocok dipanggil Bayu, Andri atau apalah nama laki-laki lazim lainnya.

Toh warna tidak memiliki unsur gender. Jadi sah-sah saja ia memanggilnya Jingga.

Jingga, memang bukan nama asli yang disandang laki-laki tersebut. Namun begitulah Senja memanggilnya.

Jingga..Jingga..dan Jingga…

Jingga bukan bagian dari warna primer… ia merupakan bagian dari warna turunan dan campuran..ketika oranye bertemu kuning dan bersatu dengan cokelat…

Tapi Jingga yang Senja tau adalah ketika oranye berbaur dengan kelabunya awan… ketika matahari perlahan mendekati haris horizon laut Jingga itu hadir bersatu dengan biru kelamnya laut dan memudarnya pesona langit yang biru cerah…

Ketika itu lah Senja melihat Jingga. Memperhatikan Jingga. Meng’untit’ Jingga. Hingga Ia tau jika Jingga sedang gulita. Jika Jingga sedang hilang.

Namun semua jelas berbeda dengan Jingga. Ia tak pernah tau dan tak pernah mengenal Senja. Baginya ia hanya sendiri. Tanpa bayangan sekalipun. Tanpa teman. Dan tanpa cinta semenjak ia melihat gulitanya dunia.

Sendiri. Meski ia tau ia tak mungkin hadir dunia sendiri. Ia pasti hadir dari rahim seorang perempuan. Tapi perempuan yang tak pernah ia tahu, dan laki-laki yang seharusnya ia panggil ‘ayah’ yang tak pernah ia tahu wujudnya.

***

Senja… sosok perempuan jawa pada umumnya. Pemalu dan halus. Tak pernah bisa berkata tidak. Selalu mengangguk atau diam merupakan bahasa tubuhnya. Perempuan yang dilahirkan dengan kultur jawa yang sangat kental. Ayahnya seorang abdi dalem keraton dan ibunya seorang penari keraton.

Sejak akhil baligh ia sudah ikut ayahnya menjadi abdi dalem keraton dan mengajar tari untuk anak-anak kecil karena ia mewarisi bakat sang ibunya yang penari handal. Dan karena bakti dari uyut hingga ayahnya di keraton senja bisa mengenyam pendidikan dengan subsidi dari keraton.

Wajahnya yang lugu dan ayu tak pelak banyak bujang-bujang anak dari abdi dalem lainnya tak segan untuk mendekatinya. Sekedar mencari tahu tentang dirinya bahkan hingga ada yang tak sungkan-sungkan mengajaknya menjalin kasih. Namun semua itu selalu ia jawab dengan gelengan halus. Atau kata tidak dengan halus.

Senja kini berumur menginjak dewasa. Keluguan wajahnya tidak hilang namun keayuannya semakin nampak. Wajah gadis jawanya semakin memperkuat karakter halusnya. Dan semakin banyak lelaki yang berusaha keras mendapatkan perhatiannya. Dan semakin banyak ia menggelengkan kepalanya namun semakin sedikit bibirnya mengucap kata. Terlalu takut dan malu untuk bicara.

“nduk, wis waktu ne koe iki menikah nduk.” Kali waktu bapak menasihatinya. Bahkan Ibu juga menyarankan dan mengajukan calon

“iyo nduk, koe wis nduwe calon belum nduk?”

Senja hanya menunduk sambil memaikan benang rajutannya. Dengan lirih ia mengucap “belum, bu”

“saya kan baru 22 tahun bu. Masih lama. Lulus kuliah saja belum bu.”

“masih lama piye tho nduk?” sahut Ibu “ibu mu ini menikah sama bapak mu itu waktu umur ibu 19 tahun nduk.”

“tapi bu, saya masih mau bekerja dulu” Senja makin menunduk. Tak enak rasanya mengucap kata tapi kepada ibunya.

“Bekerja gimana ? Kamu itu mau kerja apa tho ? ndak cukup mengajarkan anak-anak menari ?” sahut Ibu lagi.

“ wis, kalo kamu ndak punya calon. Biar ibu dan bapak yang mencarikan calonnya. Yang pasti tahun depan kamu harus menikah. Ibu sudah malu sama gunjingan tetangga nduk. Iku si Asih, sudah menikah tengah tahun lalu. Anak ‘e Pak Wiryo juga sudah menikah sebulan lalu. Padahal mereka semua seusia sama kamu tapi sudah menikah semua.”

Kali ini Ibu banyak memberikan petuah. Tak seperti biasanya. Ibu yang biasanya hanya sedikit berkomentar. Dan kali ini malah bapak diam saja.

Senja tau, ia banyak digunjingkan karena ia banyak menolak laki-laki yang datang ke rumahnya. Takut terkena karma kamu itu kebanyakan menolak kata ibu dilain waktu. Ibunya pun jadi terkena imbasnya. Dikatakan tidak bisa memberikan nasihat buat anaknya, tidak mampu menjaga anaknya.

Senja pun bingung, kenapa sampai seperti itu ia dibincangkan tetangga dan kerabat ibu bapaknya.

Ia hanya menghela nafas panjang.

“sudahlah nduk, ndak usah diambil pusing omongan ibumu yo. Ibu mu sing pengen nggendong cucu wae nduk.” Bapak mengusap kepala Senja menenangkan.

Dan Senja juga tau, hati bapaknya juga berat melihat anaknya banyak menolak. Tapi Senja mengerti, bapaknya pasti memahami mengapa ia sampai saat ini belum memilih untuk menikah.

***

Jingga

Bayi memerah itu diletakkan begitu saja di trotoar jalan. Menangis didalam kardus. Tanpa ada orang yang mendengarnya sedikitpun. Sepi. Dan sunyi menemani bayi itu semenjak ia dilahirkan dari rahim perempuan yang tak pernah diketehauinya. Laki-laki yang turut andil akan kehadirannya pun tak pernah sudi melihat ia meski saat ia masih dalam rahim.

Bayi itu bertahan hidup dengan dihidupi oleh kakek renta yang mengasong jajanan di lampu-lampu merah.

Kemudian kakek yang ia panggil hingga umur 7 tahun itu meninggal menjadi korban tabrak lari saat menjajakan minuman gelas di pertigaan lampu merah.

Ia sendiri lagi dikala usia yang belum mampu mengartikan hidup.

Berkelana berbaris menjejer saat pembagian jatah makanan dari masjid dibagikan. Mengemper dijalan menadahkan tangan yang ia contoh dari ibu-ibu dan anak-anak sepantaran mereka untuk mendapatkan uang.

Ia hanya sedikit beruntung karena ia memiliki otak yang cerdas. Hingga ada pengasuh panti yang mengambilnya dari jalan. Dididiknya dan disekolahkan meski ia harus selalu menerima ayunan sapu lidi di bokongnya.

Naas ketika panti itu digusur karena tanah yang ditempatinya akan dibangun sebuah gedung bernama Mall.

Ia mengelana lagi di jalan.

Memang seharusnya aku hidup di jalan. Karena aku berasal dari jalan

Itulah yang terpatri di hatinya.

Menjadi manusia jalanan. Ia bertahan hidup. Meneruskan sekolahnya dengan bekerja serabutan menjadi kuli angkut di pasar. Menjadi asongan di lampu merah seperti kakek’nya. Menjadi apapun demi ia bisa mencicipi bangku sekolah. Tak muluk-muluk hingga perguruan tinggi. Menyelesaikan jenjang SMP pun sebuah keajaiban baginya.

Dan memang Tuhan Maha Adil –sesuatu yang tidak pernah ia sadari karena angkuhnya diri—ia berhasil melanjutkan SMA bahkan hingga perguruan tinggi dari beasiswa-beasiswa yang didapatnya.

***

Senja memandang Jingga sebagai mana jingga mewarnai sore ketika senja. Maskipun warna itu tidak mau tau ia mewarnai apa dan siapa.

Senja mengartikan Jingga sebagai teman sunyinya. Sama seperti senja bertabur jingga.

Senja mengejawantahkan keberadaan Jingga sebagai sebuah rasa yang ia tidak tahu itu dinamakan apa. Meronakan tiap sudut hidupnya. Meski Senja tau Jingga tak pernah tau.

Karena Jingga selalu dalam warnanya sendiri.

***

Jingga tidak pernah mengacuhkan hadirnya Senja sejak pertama mereka dipertemukan dalam garis cakrawala bumi.

Yang ia hanya tau. Ia selalu ada ketika kemuning bersatu dengan kelabu. Itulah warna hidupnya. Tak pernah ia merasa butuh seorang teman atau sahabat.

Hingga 25 tahun ia hidup ia berusaha sendiri untuk selalu bisa bernafas. Meski perutnya selalu menahan lapar hingga berhari-hari. Ia angkuh karena situasi membuatnya angkuh. Ia sunyi karena ia merasa –manusia selalu merasa dengan rasa subjektifnya tanpa pernah tau ada rasa yang mungkin terbagi dengan yang lain— lahir dari kesunyian.

Dan ia senang dengan senyap. Ia mempersepsikan hidup dalam alam pikirnya. Ia menjustifikasi hidup menjadi kelabu. Gelap dan abu. Tak lagi warna. Karena abu bukan warna.

***

Bagi Senja, Jingga adalah warna. Senja tak akan pernah lengkap tanpa warna Jingga. Ia menghangatkan mata yang melihatnya dan hati yang merasakannya. Tapi sayang Jingga tak pernah tahu ada hati yang terhangatkan dengan warnanya.

--to be continued--

***

Jun 18, 2010

posting tidak penting sedunia

pengennn tau

saya penasaran...

tuhaaaaaannnnn...tunjukkan lah....berikanlah sign itu....


jadikan itu tidak kabur dan menjadi jelas...


lebih sabar lagi ya siwi

Jun 17, 2010

antara taun baru dan polsek


iseng-iseng ga berhadiah...
daripada meratapi nasib ga bisa nonton jerman-serbia nanti malam ya udahlah lebih baik nyampah di blog sendiri....hueehehehehe...

sebenrnya ini cerita aneh tentang awal 2010 kemaren...bisa dibilang taun baru teraneh yang pernah saya alami....

bermula dari rencana saya dan teman saya si jandi (sebutlah seperti itu) untuk memanfaatkan libur semester 5 (sebulan) kemaren dengan menimba ilmu di pare....
ngomong2 tentang pare...adakah yang tidak tahu letak daerah teresbut ??!! kalo ga tau...wajar aja sih...karena 80% teman angkatan saya ga tau letak pare dimana..jangankan pare,,bahkan kota nya aja (kediri) ga tau dimana...ehehehe

jadi pare itu nama sebuah desa lah ya katakan..tapi desa modern,,yang terkenal dengan sebutan 'kampung inggris'...kenapa dibilang kampung inggris saya ceritain kapan-kapan deh....

nah...kita -saya dan jandi- berangkat ke pare tanggal 22 desember 2009...naik kereta senja kediri..berangkat dari st.jatinegara jam 15.00 sampe st.kediri jam 07.00 (lumayan pegel pantat saya selama perjalanan)

yaaaa time goes by..akhirnya sampailah di tanggal 29 desember..kita pun merencanakan liburan pas tanggal 1 januari nya...dimulai dari rencana main ke surabaya (karena saya ada teman disana) sampe ke bromo (karena ada temennya jandi yang mau hunting photo disana) dan setelah kongkalikong sepakatlah untuk ke bromo pas tanggal 1 januari 2010 nya....
berangkat setelah juma'atan (oh iya personil nya tambah satu temen kampus kita namanya awan) karena si awan harus juma'atan dulu...

sebelum fiksasi ke bromo kita cari tau dulu gimana caranya bisa nyampe dari pare ke bromo dengan selamat sampai tujuan....

dan akhirnya dapet rute pare-malang-purwodadi-nongkojajar-bromo...
dengan berkali-kali berganti kendaraan...

jumatan pun usai...kita janjian ketemu di depan masjid di jalan -lupaa- dan brangkat menuju bis rute kediri-malang lewat...setengah jam nunggu si bis yang ga dateng2,,akhirnya dateng juga...

penuh sukacita kita di bis...menyaksikan pemandangan penuh sawah...masuk ke malang lebih menarik lagi...kehidupan kota mulai terlihat...oh iyaa..perjalanan dari pare ke malang sekitar 4 jam...dan kita turun di terminal entah namanya apa pokoknya terminal...trus naik sejenis mikrolet sampe ke apalah namanya pokoknya ke tempat bis tiger lewat untuk ke purwodadi...

sampe malang ternyata lewat dari prediksi karena hujan dan malang malam itu macetnya subhanallah...akhirnya nyampe tempat bis tiger itu sekitar jam 7malem...

dari tempat itu ke pertigaan purwodadi sekitar 1,5 jam..jam 8.30 malem kita sampe dipertigaan purwodadi...
dan jengjenggggggggg.......

disinilah dimulai hal yang enak ga enak,,,,
turun lah kita bertiga dari si bus tigernya itu di depan polsek purwodadi...

si awan akhirnya bertanya "pak kalo mau ke nangkajajar naik apa ya?"

si pak polisi berkumis (ppb) "lho si mas nya mau kemana ya?"

si awan "mau ke bromo pak..."

si PPB "lhaaaa mas...jam segini sudah ga ada kendaraan umum yang ke nangkajajar,,,terakhir sebelum magrib tadi ma....."

kita bertiga mulai panik....

huaaaaaa..udah sampe sini trus ga bisa ke sana gituh????what the h........

"nanti bisa naik travel mas...tapi nunggu jam 12 malem...biasanya lewat jam segitu...." si ppb menenangkan


kita semua..."alhamdulillah...."

si ppb dengan baiknya "nunggu didalam saja mas...." (disuruh masuklah kita ke polsek,,numpang solat magrib sama isya)

karena kelaperan...akhirnya kita nyari makan di pasar purwodadi....sambil nyari sarung tangan ama kaos kaki (dengan prediksi bakalan kedinginan di bromo)....

waktu pun berlalu...jam 11 malem..kita disuruh tidur didalam polsek....di ruang tunggunya....

"tidur dulu mas, mba... nanti malem jam 1 an saya bangunin kalo travelnya udah lewat..." si ppb menyarankan....

oke kita tidur...menunggu si travel...dengan harap2 cemas..dan membayangkan subuh2 kita udah sampe di bromo...
jam 00.00 belum ada tanda2 si travel lewat...
jam 00.30......menambah kecemasan.....
jam 01.00 si awan dibangunin...ada travel lewat satu biji....tapi PENUH ga bisa ngangkut 3 makhluk menyedihkan di polsek...
katanya si mas travel.."ada lagi pak satu travel..jam 2an akan lewat....."
okeee....ditenangkan sedikit....
kita disuruh tidur lagi...ditemenin nyamuknyamuk nakal....ngiungngiung...
jam 01.30....ternyata ada tangkapan..hohoho..si pak polisi baru ngegerebek pasukan judi....ternyata kita punya temen di polsek..eehehehehehe....

jam 02.00.....03.00...04.00....si travel yang dimaksud tidak datang2...mulai kita hopeless...bayangan bromo yg cakep pas sunrise tiba2 lenyap..hilang..berganti wajah si bapak polisi berkumis (yg ini ga nyambung emang)....pokoknya kita udah bener2 hopeless ga bakal bisa ni kaki sampe bromo....
ga mau maksain juga pagi2 subuh ke bromo..udah cape nongkrong semaleman di polsek...hikssssss

melewatkan tahun baru dengan bermalam di POLSEK Purwodadi....di tanggal 1 Januari 2010.....
melewatkan Tahun Baru yang dimana orang2 merayakannya dengan suka cita...sedangkan kita melewati satu malam penuh 1 Januari di POLSEK.......



menyedihkan...
tapi akhirnya dijalan kita memutuskan buat main ke pojun...daerah deket batu.....ya sudahlah..akhirnya main di coban rondo...wisata air terjun....
yaaa sudah lah.....
ga ada bromo coban rondo pun jadi....

#pesan moral: bener2 harus dipastikan rute perjalanan anda...kalo mau nyasar cari yang deket kantor polisi (c/ polsek ato apalah itu) jadi ada tempat nginep sementara kalo nyasar malem2 dan ga mungkin balik lagi...

Jun 15, 2010

mesin penenun hujan---Frau---


Mesin Penenun Hujan

Merakit mesin penenun hujan
Hingga terjalin, terbentuk awan
Semua tentang kebalikan
Terlukis, tertulis, tergaris di wajahmu

Keputusan yang tak terputuskan
Ketika engkau telah tunjukkan
Semua tentang kebalikan
Kebalikan di antara kita

Kau sakiti aku, kau gerami aku,
Kau sakiti, gerami, kau benci aku
Tetapi esok nanti kau akan tersadar
Kau temukan seorang lain yang lebih baik
Dan aku kan hilang, ku kan jadi hujan
Tapi takkan lama, ku kan jadi awan

Merakit mesin penenun hujan
Ketika engkau telah tunjukkan
Semua tentang kebalikan
Kebalikan di antara kita

Jun 12, 2010

random

sudah lewat dari tanggal 4 juni berarti..dan sudah lewat dari seminggu ni blog saya anggurin...
huaaaa akhirnya LIBUUUUUUR....setelah aksi 'comeback' ngerjain semua tugas kuliah yang saya pernah tinggalin dan nyerah selama tiga minggu....dan akhirnya usaha itu terbayar dengan yaaa nilai yang menurut saya cukup adil dengan usaha yang sangat tidak keras dan maksimal.... B untuk 12 sks (hanya satu matakuliah).....tapi cukup.....
meski indeks prestasi saya harus turun sebanyak 0,9 (ukup gila saya melihat grafik ip saya terjun bebas sebebasbebasnya ariel bikin video porno #lhaaaa??) tapiiiii sekali lagi ya harus disyukuri...sangat disyukuri kumulatif saya hanya turun 0,05.....subhanallahu....

ini memang sentilan atau tamparan atau tendangan dari Alloh untuk menyadarkan saya mungkin...yang terlena dengan nilai baik selama 2 semester berturut-turut...yaaa dengan cara ini saya disadarkan....


6 bulan tepat....

januari silam saya memulai suatu 'gebrakan' nyleneh saya untuk memulai hari baru...gebrakan yang sangat tidak diberkahi....hmmm....suatu yang akhirnya membuat saya berpikir..."ini siwi?"

mulai menanggalkan pekanan...amanah...dan izzah...
6 bulan lalu....
ketika saya yang saat itu sangat berpikir tidak waras...
ketika saya sangat marah dengan yang namanya dakwah teknik
ketika saya sangat antipati dengan makhluk yang bernama akhwat dan ikhwan
ketika saya sangat muak bertemu mereka
ketika saya mulai menjauhi mereka satu per satu...menjustifikasi mereka...

ketika dan ketika....

saat dan saat...

mulai melupakan rok kebesaran saya yang saya letakkan entah dimana dan beralih ke benda bernama celana ato jeans....
mulai melupakan jilbab lapis kedua yang entah saya simpan dimana dan beralih ke benda yang yang bernama jilbab paris yang tipis bikin semriwing (astagfirullah)...
mulai melupakan kaos kaki yang tiap hari hilang dan mulai beralih dengan telanjang kaki....

dan saat itulah saya bercermin..."inikah gue??"

saat batas bergaul tidak lagi melebur namun menjadi meleleh...mencair...dan tidak bisa dipisahkan...
saat tujuan hidup ini hanya dunia-dunia-dan-dunia...
tak pernah sebersit dzikrul maut...
ketika menjadi diri yang tidak pernah memikirkan untuk apa saya hidup...
untuk apa saya diciptakan oleh tuhan saya didunia ini...
diciptakan hanya untuk senang-senang sia-sia dan untuk kemudian mati tanpa guna??


bukankah Engkau tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah pada Mu...?

maka saya ini ???



huft....




dan kini...secercah kerinduan datang....
ketika sudah jumud dengan dunia penuh dengan kesia-siaan...bosan dengan dunia yang hanya bermain-bermain dan bermain...tanpa makna...tanpa arti...bahkan tanpa penghambaan sama sekali....





melalui ia mereka dan kamu....
membuat saya ingin kembali...
merasakan kembali apa yang dinamakan dakwah...


kembali meski saya memilih untuk kembali memulai dari awal...

doakan saja kawan...doakan agar saya bisa mensejajari kalian kembali...kemudian bisa berjalan bersama kalian dalam barisan kalian....



dan kini
genggam tangan ku erat...
jangan sampai ku hilang pegangan...

dan kini
ajak ku turut serta
agar aku tak lagi tertinggal dan jatuh


dan kini...
ijinkan aku kembali Ya Rabb....ijinkan,,,,ijinkan,,,

May 29, 2010

ga penting tapi di post..-__________-

ngantukkkkk...ya alloh...

setelah tanggal 4 juni nanti bisa hibernasi sepuasnyaaaa......tahan-tahan-tahan...mata ayo jangan ngantuk..

bukan sebuah pengharapan

hmph...

tidak berharap..tapi tetap berdoa yang terbaik...

tidak berharap tapi semoga memang yang terbaik...

tidak berharap karena memang bukan saya...

tidak berharap karena tidak ada yang bisa diharapkan...

cukup berharap pada Nya saja....dan semua akan terlepas ke langit paling tinggi...tanpa sakit ataupun kecewa....terlepas dengan lillah dan semoga saja ikhlas...

nothing to lose juga,,,

toh bukan milik...dan tidak-belum-ditakdirkan menjadi milik....

hemmm...

cukup Dia yang tau....dan biarkan Dia yang melepaskannya...

lepas tanpa sakit tanpa kecewa...


seperti bertahun-tahun silam...hanya melihat dari jauh...

cukup...

hanya mendengar dari jauh...

cukup...

hanya merasa sendiri...

cukup...




mungkin memang ditakdirkan sebagai pengamat...ehehehe...

lebih cocok seperti itu..pengamat yang diamatinya tidak perlu tahu..

akan lebih lega...dengan kondisi seperti ini...

dan akan lebih mudah dengan situasi yang memang penuh dengan spekulasi,,,


dan skenarioNya terlalu indah untuk dibayangkan...biar saja alur itu datang sendiri...hingga scene Nya menghadirkan saya dengan harap tahun-tahun silam....


akan hilang sendirinya kok...

tidak usah khawatir atau takut....


yaa..lakukan yang terbaik dari dirimu hanya untuk alloh.....


*48 jam sebelum bertemu dengan akhir semester 6....
UI dan arsitektur membuat ku agak sedikit menjadi gila..bodoh...dan lemah....
tapi tidak membuat ku untuk hilang....

May 27, 2010

akun FB yang ditidakaktifkan

agak ngeselin sih,,,ketika tau akun fb saya ada yang nge-stalk...

saat saya add orang lain...si stalker juga ikutan meng add orang itu...
bahkan orang yang tidak dia kenal pun (teman saya) juga di add...
heyyyy...kenapa anda???sebegitunyakah menjadi stalker...wkwkwkwk...serasa artis aja ada yang nge-stalk...

jadiii...untuk sementara waktu ini...dengan resmi fb saya ditutup(sementara) dan saya hanya akan aktif di akun twitter dan blog saya...hummm dan juga YM saya...



saatnya menghilang dari si stalker....

antara PEPES dengan 9B cikunir....

wuueeeeekkkkkkk...sangat tidak bahagiaa..jika esok hari jumat namun ditetapkan sebagai hari libur nasional..(btw besok libur apa yaa??)....dan harus pulang dari depok-bekasi jam 4.30 sore...
penyiksaan..lahir batin dan mental...

mungkin ini hari sangat amat menjengkelkan dalam dunia per9BCikuniran yang selalu jadi kendaraan favorit jika harus menempuh depok-bekasi atau sebaliknya...
yup sodara-sodara...jabodetabek...lingkaran penuh dengan 'setan'...bikin stresss...dari pagi sampe malam...kapan tenangnya sih kota-kota itu??!!

dan saya berpikir..mungkin ini yang menyebabkan banyaknya penduduk sekitar itu yang mengalami kesakitjiwaan dini...stress..pagi2 berangkat macet..bus penuh...si sopir asal teriak2...
"masuk neng,,pak...itu ditengah masih kosong"
kosong dengkul mu...ga liat apa udah kayak pepes masiih aja disuruh masuk..

dandanan rapi jadi lecek gara2 haru uwel-uwelan di bus..gerah..panas..macet..TELAT....hueeeekkk....

kapan yaa...indonesia punya public transportation yang nyaman...ga bikin stress..bisa melayani penggunan dengan baik..memenuhi hak-hak pengguna...karena sudah membayar...
meski ga pernah menginjakkan kaki di Jepang, ato negara manapun yang transportasi publik nya sudah sangat maju dan baik...

ga KRL, kereta antar provinsi, Bus, angkotan umum...semuanyaa ga ada yang bisa memeberikan kenyamanan.....
ga hanya segi transportasi saja...tapi juga fasilitas publik di jalan raya...
trotoar pedestrian kini sudah tergusur (contoh sepanjang jalan margonda depok ga ada tuh trotoar buat orang jalan di jalanan segede dosa)
kalo ada juga...trotoarnya rusak..bolong2...tergenang air kalo hujan...

boro-boro disuruh naik sepeda,,,kayak yang diterapin di Belanda...
jalan kaki aja ga punya akses yang baik...huuuufffftttt...

capeee....

mungkin yaaa...kalo pemerintahnya ga mau memperbaiki transportasi publik ini,,maka....
pengguna jasa ini juga harus tau diri...

pertama jaga bau badan anda...jangan sampe anda tidak mandi dan masih bau bantal kasur guling tanpa cuci2 wangi2 trus naek bus yang udah penuh umpel-umpelan....pliiisss kasian penumpang lainnya..bisa pingsan semua...oh iyaaa supir dan kondekturnya juga harus wangii....

kedua jagalah bobot badan anda...jangan sampai overweight...karena space yang anda pakai akan mengurangi hak ruang penumpang lainnya...

ketiga ga perlulah bawa barang sampe tiga koper kalo bus ato KRL ekonomi udah kayak ikan dikalengi,,sekali lagi...itu membuat ruang penumpang lain terjajah...

keempat ga perlu dandan hebohh bagaikan supermodel yg mau jalan di jalankucing (cat walk) percuma tohhh dandanan anda akan rusak dan tersambar bau yang tidak enak karena ada penumpang yang dengan teganya membawa serta kambing dan ayam...

kelima pikir sendiri aja deh...saya juga udah bingung gimana lagi supaya menyamankan diri dan pengguna jasa transportasi publik ini....


semogaa transportasi publik ini membaik seiring dengan waktu....amiiiiinn...semoga indonesia punya shinkansen kayak di jepang....mono rel kyk di negara2 lain...dkk lahhh...


oh yaaa...karena ini lah...saya mengikrarkan bahwa saya tidak mau bekerja di daerah depok-jakarta selatan-ato dimana pun yang melewati pasar minggu-pasar rebo-kampung rambutan-dan daerah macetnya kebangetan...

sepertinya enak hidup diluar jakarta dan sekitarnya

May 26, 2010

alur...

beri saya arti...
tentang hidup..
tentang makna...

huft...selalu menghela nafas..dengan semua yang terjadi
bukankah dulu kau berdoa
"jika memang sy diluluskan semoga tempat itu menjadi penguat iman saya."

dan...pada kenyataannya sekarang??

apa mungkin sy ga sanggup dan tidak siap dengan perubahan yang sangat 180derajat...

dinamisme yang sangat cepat...kondisi yang bukan lagi tentang idealisme
namun hedonisme..yang mungkin lebih menggiurkan dari pada sebuah perang 'idelisme'?

entah lah...
mungki ini juga proses yang harus saya lewati...

nyungsep ke jurang..bau..dalam..gelap...

meraba untuk bangun..mencari dasar jurang..menemukan cahaya dari atas jurang..
mencari pegangan untuk bisa naik lagi meski harus merangkak..

"kemauan untuk bangkit, itu yang susah dek.."
kata mba cindy...

"setidaknya, kamu mau berubah..tinggal bagaimana niat kamu dan usaha kamu.."
kata mba cindy lagi...

"ga peduli sejauh apa kamu jatuh...ga peduli sekecewa apa kamu sama jamaah. tapi satu wi, jangan pernah melanggar syariatNya..aturanNya"
itu kata kinung...

"jika kalian kecewa melihat saya seperti ini maka ini adalah bentuk kekecewaan saya terhadap kalian.."
status FB saya kala itu....

dan....gue sudah melanggar itu..menabrak semua syariat..aturan..

dan untuk menunjukkan kekecewaan itu haruskah gue mengecewakanNya??

ini kah gue??

obrolan pagi hari dengan bos

berawal dari obrolan pagi hari dengan bos di sma...(ketua rohis sy swaktu sma dulu di 1 bekasi)
dan berpikir...
dan mengingat saya saat sma...
betapa rindu dengan sosok siwi saat itu...hmpf

Me:assalamualaikuuummmm....
ckckck sombong ya...

Achmad:wa'alaikumsalam,.eh siwi,..pa kabar wi?

Me:baik bos...

ente apa kabar??

Achmad:alhamdulillah baik jg,.wi andalusia btuh donasi tuh,.investasi dunks?

Me:ane bloman punya pendapatn mad...
ckckck
ente lah kan sebagai pengusaha
investasi ane dateng aja deh besok..
ehehe

Achmad:emg siapa aj yg mau dtg bsok wi?ente brarti dah d bkasi ni?

Me:hooh...sptnya ria sih..
entah..sw mo ngajak pita juga..
ente dateng ga mad??

Achmad:bsok si ane balik k bkasi,tp niatny cm mau nyambangin ortu,blm ad niat dtg k andalusia,.klo ad barengan ikhwnny c ayo aj,.klo kaga g asyik jg sndrian ksonony,.

Me:ajak aja tuh si nugroho...ato siapa gitu yang dibekasi
emangnya ga ada yg dibekasi??

Achmad:jiah wi ente kn tau,no ikh2 06 pda mabur kmane2,pling rajin balik si nunu,.nti dah ane ajakin kli aj ad yg lg dbksi,.

Me:ckckckck....kasian irman,,sma,,ga punya ikhwan 2006...
ehh bukann...kasian ga punya senior 2006

Achmad:wah,wah,ente nyindir ni wi critany,.tau dah yg akh2 ny yg msh pd kompak,.

Me:ehhh afwan mad..ane jadi nge wall ke ente...ane kira tadi situ offline...
Achmad:sante aj wi.,lah koq bsa akh ny jd ikut2n mabur kya ikh ny,.?!

Me:hmm..yg msh di sma itu
ria,andina,tami, kyknya itu doang deh...
(mksudnya jd mentor dan di fadhil)

Achmad:lah ente kaga ikutan?pan dket dpok-bkasi mah?si pita jga,.

Me:dulu iyaa...tapi berhubung skrng lagi labiil pisan,,jadi off dri sma..dan kuliahnya juga bikin stress

Achmad:nikmatilah wahai siwi masa2 kul ny,skrg ane rindu msa2 tu soalny,.btw mksudny labil ap wi,.?!

Me:y labil...
eheheeh...
ehh ente lulus smstr ini mad??

Achmad:kaga bsa wi,.ane dikontrak am presma ipb di bem km,kaga blh lulus sblm amanhny bres,.jd bru smester dpn lulusny,.

Me:hoooo
jadi mentri apa bos??

Achmad:mentri pendidikan bu,.siwi di bem ui jg bkn?jdi ap tah?

Me:kgk...
ane g main k ui...ehehe
pengangguran sy mad..
kuliah doang ama kepanitian di jurusan..

Achmad:klo sma daus tuh bkn ente stu orgnissi wi?

Me:daus??
m.firdaus muttaki??
teknik kima 06??

Achmad:iye,.ska ktemu aj klo ad acr ppsdms di ui gtu,.

Me:hoo dulu iyaa..di mpm ft ui..
kan udah lengser dari bulan desember..

Achmad:oh gtu tho,.sawi2,.kn nte d sma aktvis abis irman iy osis iy,.pake cuti lg d ui,hehe

Me:hahahaha.....itulah manusia mad...

Me: ehh mad..ane off yaaa..mau ngampus jugaa...
assalamualayku,...
*assalamualaikum

Achmad:iya wi,.wa'alaikumsalam,.

teman setia....

teman baik saya dikala malam...

dua potong pizza yang sudah dingin
beserta segelas kopi...

setidaknya cukup bisa membuat mata saya
bertahan hari ini...

terjaga semalaman...mungkin hal yang sangat wajar
bagi mahasiswa...
yaaa...apalagi mahasiswa yang kuliah di ars..
huhuhu....
mengejar tugas yang sungguh bikin menderita...

hiksss...ingin hidup normal..

Rainy Days and Mondays-Emmy Rossum

Talkin' to myself and feelin' old
Sometimes I'd like to quit
Nothing ever seems to fit
Hangin' around
Nothing to do but frown
Rainy Days and Mondays always get me down

What I've got they used to call the blues
Nothin' is really wrong
Feelin' like I don't belong
Walkin' around
Some kind of lonely clown
Rainy Days and Mondays always get me down

Funny but it seems I always wind up here with you
Nice to know somebody loves me
Funny but it seems that it's the only thing to do
Run and find the one who loves me

What I feel has come and gone before
No need to talk it out
We know what it's all about
Hangin' around
Nothing to do but frown
Rainy Days and Mondays always get me down

Funny but it seems that it's the only thing to do
Run and find the one who loves me

What I feel has come and gone before
No need to talk it out
We know what it's all about
Hangin' around
Nothing to do but frown
Rainy Days and Mondays always get me down


*sangat suka lagu ini,,
entah kenapa...